IKUTI
  • 5 tahun yang lalu / PT. Saad Usaha Mandiri/Aminin Travel berada di bawah naungan TC INVEST GROUP
  • 5 tahun yang lalu / Spesifikasi produk Aminin Travel meliputi produk dengan tema yang beragam, dimulai dari perjalanan ibadah Haji dan Umroh, wisata muslim, sejarah, honeymoon, corporate rewards, private trip
Memahami Pengertian Umroh, Syarat, Rukun dan Keutamaanya

Memahami Pengertian Umroh, Syarat, Rukun dan Keutamaanya

Oleh : admin - Kategori : Umroh
5
Des 2023

Berkunjung ke Tanah Suci merupakan dambaan seluruh umat Islam. Ada dua jenis ibadah yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Tanah Suci Mekkah, yakni ibadah haji dan umrah. Ibadah umrah sering kali diminati banyak orang karena lebih fleksibel dibandingkan ibadah haji dalam hal waktu pelaksanaannya dan tidak ada batasan kuota dalam melaksanakan ibadah haji.

Sebelum menunaikan ibadah umrah, ada baiknya kita memahami apa pegertia dari umrah, mulai dari Hukumnya, syaratnya, rukunnya dan ketamaannya. Yuk simak penjelasan lengkapnya:

  1. Pengertian Ibadah Umroh

Menurut bahasa, umrah berarti ziarah. Sementara itu menurut istilah, umrah berarti mengunjungi Baitullah (Ka’bah) dengan melakukan thawaf, sa’i dan bercukur demi mengharap rida Allah SWT.

  • Hukum Umrah

Menurut Imam Syafii dan Imam Hambali,menunaikan ibadah umrah hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu. Sedangkan menurut Imam Hanafi dan Imam Malik, menunaikan ibadah umrah hukumnya sunnah muakkadah.

Umrah terbagi menjadi dua: umrah wajib dan umrah sunat.

  1. Umrah Wajib
  2. Umrah pertama yang dilakukan seorang Muslim, disebut juga umratul Islam;
  3. Umrah yang dilaksanakan karena nadzar.
  4. Umrah Sunat

Umrah ini dilaksanakan setelah umrah wajib, baik untuk kali kedua dan seterusnya dan dilakukan bukan karena nadzar.

  • Waktu Mengerjakan Umrah

Umrah dapat dilaksanakan kapan saja, ke-cuali ada beberapa waktu yang dianggap makruh melaksanakan umrah bagi jemaah haji, yaitu saat jemaah haji wukuf di Padang Arafah pada hari Arafah, hari Nah{r (10 Dzulhijjah), dan hari-hari tasyriq.

  • Syarat, Rukun, dan Wajib Umrah
  • Syarat Umrah:
  • Islam
  • Baligh (dewasa)
  • Aqil (berakal sehat)
  • Merdeka (bukan hamba sahaya)
  • stita’ah (mampu)

Bila tidak terpenuhi syarat ini, gugurlah kewajiban seseorang untuk berumrah.

  • Rukun Umrah:
  • Ihram (niat)
  • Thawaf
  • Sa’i
  • Cukur
  • Tertib (melaksanakan rukun umrah secara berurutan, yakni mulai dari ihram, thawaf, sa’i lalu bercukur)

Rukun umrah tidak dapat ditinggalkan. Bila salah satu rukun itu tidak terpenuhi, umrah seseorang tidak sah.

  • Wajib Umrah

Wajib umrah adalah berihram dari mīqāt. Bila kewajiban ini dilanggar, ibadah umrah seseorang tetap sah tapi dia harus membayar dam.

  • Mīqāt Makānī

Miqat makani untuk umrah jemaah haji Indonesia bergantung   pada   gelombang   berapa   jemaah itu berangkat.

  1. Jemaah haji gelombang I yang mendarat di Madinah mengambil miqat di Bir Ali (Zulhulaifah)
  2. Jemaah haji gelombang II bisa mengambil miqat:
  3. Di asrama haji embarkasi, atau
  4. Di dalam pesawat ketika pesawat melintas sebelum atau di atas Yalamlam/Qarn al- Manazil, atau
  5. Bandar Udara King Abdul Aziz (KAIA) Jeddah
  6. Jemaah haji yang sudah berada/ mukim di Makkah mengambil miqat di Ji’ranah, Tan’im, Hudaibiyah, dan tanah halal lainnya.

Tahallul umrah adalah keadaan seseorang setelah melaksanakan semua rukun umrah dan karena itu dihalalkan (dibolehkan) melakukan perbuatan yang sebelumnya dilarang selama ber-ihram umrah.

  • Keutamaan Dalam Beribadah Umroh

Ada banyak sekali keuatamaan melaksanakan umroh, yaitu:

  1. Umroh Saat Ramadan Sama dengan Haji

Keutamaan pertama dalam beribadah umroh pada bulan Ramadan adalah pahala nya sama dengan ibadah haji. 

“Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh pada saat Ramadhan senilai dengan ibadah Haji.” (HR. Bukhari)

  • Dijauhkan dari Kemiskinan dan Dihapuskan Dosa-Dosa

Jika seseorang telah melakukan umroh dan melakukan umroh kembali di tahun-tahun berikutnya, maka dosa diantara kedua umroh tersebut akan dihapuskan. 

“Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR Imam at-Tirmidzi)

  • Doa yang Dikabulkan

“Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepada-Nya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya.” (HR Ibnu Majah)

  • Ketenangan Hati

Ibadah umroh membuat seseorang lebih sabar dan tenang hatinya. Selain itu, kualitas keimanannya pun akan meningkat dan kehidupan yang lebih tentram.

  • Pahala Solat yang Berlipat Ganda

Ada beberapa tempat sholat yang memiliki keistimewaan pahala solat yang berlipat ganda, seperti solat di Masjid Quba. Apabila melaksanakan solat dua rakaat akan mendapatkan pahala setara dengan umroh.

Itulah penjelasan mengenai apa itu umroh yang dapat disampaikan. Untuk mewujudkan mimpi Anda ke tanah suci, Anda dapat memanfaatkan tabungan umroh bersama Aminin. Dengan menggunakan tabungan umroh, maka Anda dapat merencanakan ibadah umroh dengan lebih teratur dan tentunya membuat Anda lebih tenang.

0 Komentar

TENTANG KAMI

PT. Saad Usaha Mandiri/Aminin Travel berada di bawah naungan TC INVEST GROUP yang merupakan perusahaan swasta nasional, bergerak pada bidang Biro Perjalanan Haji & Umroh yang berizin No. SK: U.353 Tahun 2021 di Kemenag dan juga perjalanan wisata baik domestik maupun internasional.

KENAPA AMININ?

Menjadi teman bagi para pecinta traveling di Indonesia dengan selalu mengedepankan pelayanan yg prima, kualitas, dan pengalaman.

Spesifikasi produk Aminin Travel meliputi produk dengan tema yang beragam, dimulai dari perjalanan ibadah Haji dan Umroh, wisata muslim, sejarah, honeymoon, corporate rewards, private trip. Yang mana kami selalu mengedepankan One Stop Service.

Contact Info

Kantor Pusat

Jl.Suryopranoto No.29A Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160

Jangan ragu untuk hubungi kami
Assalamualaikum. Kami siap melayani perjalanan umroh anda agar lebih menyenangkan